Cara memilih dan mencoblos yang benar Surat Suara Pemilu 2014


Agus Winanto - Caleg No.Urut 2 PPP DPRD Kota Bekasi Dapil 3

Saturday, March 15, 2014

Caleg Ini Kerahkan Relawan Bantu Kebersihan Lingkungan

Kerja Bakti Relawan Agus Winanto
Pembersihan Lumpur Pasca Banjir di PGP / RW 09


Hari Minggu (15/3/2014) saat sebagian besar caleg peserta pemilu 2014 sedang mengikuti acara deklarasi kampanye damai di lapangan kantor KPUD Kota Bekasi, Agus Winanto malah mengerahkan sebagian relawannya untuk mengajak warga kerja bakti membersihkan lingkungan pasca banjir beberapa bulan terakhir ini.


Secara struktural manajemen, memang Agus Winanto memiliki semangat peduli lingkungan dan semangat berpolitik yang disesuaikan dengan momentum yang ada. Bagaimana mengatur dan mengakomodasi antara acara politik yang harus dia penuhi demi alasan kepentingan partai, dengan kewajiban sosial yang harus dia lakukan demi kepentingan warga masyarakat yang akan menjadi pendukungnya serta mengantarkannya menjadi wakil rakyat yang bisa duduk di kursi dewan.

Sebagai seorang warega masyarakat biasa, Agus Winanto menyediakan waktu khusus untuk lingkungan sekitarnya. Betapa tidak ketika dia sedang berada dalam mobil ambulance yang akan dia tumpangi menuju kantor DPC PPP di pusat kota, tapi baru di pertengahan jalan telepon genggamnya berdering, dan ternyata ada warga di walayahnya yang membutuhkan ambulance untuk membawa orang sakit. Tanpa ragu, Agus Winanto menyuruh sopirnya untuk berbalik arah pulang dan mendahulukan kebutuhan warganya yang lebih mendesak.

Sikap kepeduliannya inilah yang menjadi ukuran betapa seorang tokoh seharusnya mengorbankan kepentingannya demi kepentingan rakyat yang akan diwakili dan dipimpinnya. Satu kriteria wajib calon wakil rakyat dan pemimpin masa depan warga masyarakat di Kota Bekasi.

Sungguh terlalu berlebihan jika media menuliskan banyak hal positif tentang seorang tokoh masyarakat, tapi merekamnya dalam sebuah rentetan kegiatan sosial tanpa menyajikan bukti nyata, entah berupa foto dokumentasi atau narasi yang faktual.

Sebagai aktivis yang peduli lingkungan hidup sekaligus wartawan, penulis menganggap sosok Caleg PPP bernomor 2 ini mempunyai kelebihan berupa kesalehan sosial. Padahal kesalehan sosial tidak langsung memberikan dampak langsung bagi kepentingan politiknya pada Pemilu 2014.

Nilai positif yang ditularkan caleg PPP sekaligus orang tua asuh beberapa anak atim ini memberikan dampak positif berupa kesadaran warga sekitar, bahwa seorang caleg tidak harus melulu mendadak muncul menjelang masa pemilu saja dan memberikan segala macam hadiah yang memancing simpati publik sesaat. Agus Winanto, membuktikannya berupa aktivitas peduli sosial jauh sebelum dia mengikuti seleksi pencalegan.

Mulai dari mengasuh seikitnya 30-an anak yatim, memberangkatkan dhuafa pergi umroh, membangun dan memperbaiki tanggul bendungan di luar wilayahnya termasuk menyediakan beberapa mobil ambulance yang beroperasi bukan hanya di wilayah daerah pemilihannya saja.

Seorang wakil rakyat yang memiliki kriteria karakter calon pemimpin telah hadir, dan tersembunyikan selama beberapa tahun karena memang belum waktunya.Kini hadir dan mengejawantah dalam berbagai kegiatan nyata aksi sosial, meskipun sebagian masyarakat mencibirinya dengan alasan kampanye politik pemilu.

Kerja bakti yang dikerahkan oleh Agus Winanto sementara dirinya sendiri harus men gikuti kampanye politiknya adalah salah satu bentuk kepedulian multi dimensi yang tak banyak bisa dilakukan oleh tokoh caleg lain. Apakah Anda setuju, sosok Agus Winanto ini bisa disejajarkan dengan Joko Widodo, Gubernur DKI yang akan menjadi capres RI 2014 mendatang?

Penulis : SidikRizal, Pemerhati Sosial Politik
Desain Animasi : Frananditya
Penyunting : DR


 

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers

Hotline: 081.385.386.583 - (021) 9346.1965 / WEB.RIZAL