Cara memilih dan mencoblos yang benar Surat Suara Pemilu 2014


Agus Winanto - Caleg No.Urut 2 PPP DPRD Kota Bekasi Dapil 3

Friday, October 29, 2010

Disnak Madina harus perketat pengawasan

Ihsani Aqiqah & Bursa Qurban

PANYABUNGAN
Dinas Peternakan Kabupaten Mandailing Natal perlu memperketat pengawasan lalu lintas ternak sapi  untuk mengantisipasi adanya pasokan sapi sakit dari luar daerah menjelang Hari Raya Idul Adha 1431 Hijriah/2010 Masehi yang jatuh pada 16 November mendatang.


“Pengawasan perlu diperketat guna  mengantisipasi masuknya sapi yang tidak layak konsumsi dan mengandung virus yang berbahaya bagi kesehatan manusia,” kata Wakil Sekretaris DPC PPP Madina, Lokot Husda Lubis, pagi ini.

Dikatakan, salah satu penyakit ternak besar  yang perlu diwaspadai adalah antraks, karena apabila ternak yang terjangkit virus antraks dikonsumsi, cacing pita, sapi gila dan penyakit berbahaya lainnya, karena virus dapat menulari manusia.

Berkaitan dengan hal itu, lanjutnya, Dinas Peternakan Madina  bersama dengan instansi terkait harus terus memantau di lokasi yang menjadi lalu-lalang atau pintu masuk ternak sapi.

Selain itu,Lokot mengatakan, Dinas Peternakan Madina juga perlu juga menurunkan petugas kesehatan hewan  disebar ke beberapa titik penjualan hewan kurban.

”Meski selama ini berdasarkan pemeriksaan dan pengamatan petugas di lapangan memang belum ditemukan ternak  yang mengandung penyakit menular, namun pada Hari Raya Idul Adha 1431 H / 2010 M ini pengawasan  harus lebih  ditingkatkan  lagi agar hewan qurban yang akan disembelih masyarakat memenuhi syarat ,aman, sehat, utuh dan halal atau tidak,” ungkapnya.
sumber: WaspadaOnline
Editor: SATRIADI TANJUNG (dat04/wsp)

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers

Hotline: 081.385.386.583 - (021) 9346.1965 / WEB.RIZAL