d' belanga - Nasi Guling Bakar Inovasi Kuliner Bekasi

Berburu Sensasi Gurih Garing
Nasi D' Belanga vs Nasi Guling Bakar

Nasi d' belanga
Rawapanjang - Bekasi www.kulinerkuliner.com
Bangsa Indonesia adalah termasuk salah satu bangsa Asia yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Di seluruh kawasan Asia, beragam macamnya olahan nasi mulai dari jenis bubur (porridge) hingga nasi putih (steam rice) dan nasi goreng (fried rice).

Bangsa Indonesia yang beragam suku ini pun ternyata juga memiliki aneka makanan pokok selain nasi. Namun untuk makanan pokok berbahan nasi saja ada belasan bahkan mungkin lebih dari 30 cara untung mengolah nasi di seluruh daerah.

Resto yang sajikan olahan nasi unik
Coba saja di daerah Sumatera, Jawa dan Sulawesi termasuk Bali, aneka olahan nasi dan beras ketan (walau beda rasa dan nama, tapi masih dalam satu ordo), mulai dari beras yang dimasak dalam aneka daun hijau. Misalnya Bacang, Lontong, Ketupat, Lepat, Uli, Arem-Arem, Nasi Bakar, Nasi Uduk, Nasi Ulam, Nasi Jambal dan lain-lain.

interior d' belanga the Resto
Untuk masakan nasi goreng atau bubur, wah jangan ditanya deh. Sepertinya setiap daerah punya banyak cara untuk mengolah dengan cara masak ini. Demikian juga dengan aneka masakan yang menggunakan tempat masak unik seperti Nasi Tim, Nasi Timlo, Nasi Timbel, Nasi Kastrol, Nasi Kebuli, Nasi Tumpeng, Nasi Liwet dan banyak lagi lainnya.

Di Bekasi sepertinya ada beberapa tempat yang mulai menyajikan masakan berbahan baku nasi ini, khususnya yang menggunakan daun atau justru tempat masak yang unik lainnya seperti kendil atau belanga yang terbuat dari keramik tanah liat.

Nasi yang dimasak dalam sebuah bejana tanah liat atau lebih akrab dikenal sebagai kendil dan belanga kini hadir di d' Belanga Resto. Sepertinya hanya di tempat ini saja yang menyajikan nasi bakar yang dicampur dari nasi racik (nasi dengan bumbu rempah-rempah khusus) beserta beberapa sayuran dan lauk seperti suwiran daging ayam. Sepintas mirip nasi campur (meski namanya nasi racik bagi sang pemilik) tapi penyajiannya yang istimewa. Semua nasi racik tersebut di sajikan di dalam belanga (kendil tanah merah) yang kemudian dibakar kembali hingga timbul kerak garing yang luar biasa nikmat saat disantap panas-panas.

Justru di sinilah uniknya Nasi d' Belanga yang jauh lebih nikmat disantap saat panas-panas setelah dari pembakaran kompor. Kalau sudah mencicipinya mungkin Anda akan teringat dengan Nasi Hainam (bukan Nasi Vietnam ya! Hihihi)

Selain kelezatan dan gurihnya Nasi d' Belanga Anda juga bisa menikmati Nasi Guling Bakar. Saat kulinerkuliner.com menikmati sebuah Nasi Guling Bakar yang meski sudah dingin, namun setelah saya panaskan dengan Magic Jar, terasa hangatnya jauh lebih suweddap! Apalagi kalau bisa dinikmati langsung dari tungku pembakaran. Mungkin Nasi Guling Bakar pantas direkomendasi buat sajian buka puasa yang lumayan lezat serta menyehatkan dan pastinya mengenyangkan.

Berbuka dengan menu sajian Nasi Guling Bakar ala d' belanga The Resto, bikin saya ketagihan. Kayaknya perlu untuk direkomendasi kepada para pembaca atau juga pemirsa televisi (huwaduh seolah-olah sudah masuk program tivinya Trans aja!)

Ayam Goreng Kalasan Kremes
Tapi sepertinya kurang lengkap kelezatan nasi gurih kalau kita tidak menikmati lauk-pauknya. Pilihan kulinerkuliner.com jatuh pada Ayam Kalasan Kremes yang beda banget dengan ayam bakar dan goreng lainnya yang pernah kami rasakan.

d' Belanga Resto
Ayam Kampung Kalasan Kremes ini memang dalam dua bentuk sajian, baik itu digoreng maupun dibakar. Tapi keduanya mempunyai kelezatan yang khas dan tersendiri sesuai dengan selera siapapun. Bila Ayam Bakar Kalasan Kremes di d' belanga Resto seolah seperti masakan ayam ungkeb kemudian dibakar sehingga rempah bumbunya saja menjadi satu dengan daging ayamnya. Oh iya, perlu ditambahkan bahwa daging ayam yang disajikan adalah ayam kampung. Hmmm nggak usah kuatir buat Anda yang tak suka dengan ayam negeri alias ayam broiler kan?

Terlebih lagi sambalnya yang unik. "Sebenarnya  ini adalah sambal khas ala D'Belanga," papar Ibu Lina. sang pemilik. Sambal khas ala D' Belanga adalah sambel cabe hijau yang menggunakan rebon (udang kering) dan juga bawang putih. Meski tanpa garam, namun gurih dan asinnya pas di lidah kebanyakan orang. Hmmm muantaaabbbbssss!

Kalau mau dibilang ini adalah ayam goreng dan bakar terlezat di kawasan Jalan Cut Meutia Bekasi atau mungkin di seluruh kawasan Rawa Panjang. Ya kami berani bertaruh kayaknya nggak ada ayam bakar maupun ayam goreng selezat ini di seluruh Kelurahan Rawapanjang Bekasi. Coba saja Anda berkunjung dan datang ke tempat ini, sebuah ruko yang lokasinya tepat di satu pojokan perempatan lampu merah Rawapanjang Bekasi.

IDE AWAL DARI KULINER HINGGA KE NEGERI CHINA

Marlina, the owner of d' belanga
Untungnya kulinerkuliner.com bertemu dengan pemilik d'belanga resto, yakni sepasang suami istri, Hartono dan Marlina  Bila sang suami , Hartono hobinya berkelana kuliner dari seluruh tempat makan yang ada di kawasan Jakarta dan Bekasi hingga ke negeri China (mana lebih enak sih nulisnya, China atau Cina?), maka lain halnya dengan sang istri yang sangat hobi memasak. Kebetulan orang tua mereka, sang ibu juga sangat handal dalam hal memasak. Sang ibu yang kelahiran Palembang itu memang sangat ciamik mengolah aneka masakan dengan bumbu yang jauh lebih berani (spicy banget deh Cuy!).

"Kalau di China, saya pernah jumpai Nasi Hainam lokal tersebut yang rasanya terlalu hambar untuk lidah saya sebagai orang Indonesia. Kita kan biasanya suka dengan rasa bumbu-bumbu yang berani dan nendang," ungkap lelaki yang masih aktif bekerja di sebuah perusahaan swasta ini yang diamini oleh istrinya, Bu Lina.

Bu Lina, wanita berkacamata ini juga menambahkan bahwa mereka kini sering sekali medapatkan pesanan nasi kotak dari perusahaan dari kolega dan pelanggan yang pernah menikmati makanan di D' Belanga. Perusahaan yang kini paling sering memesan untuk kegiatan training pegawai adalah PT Kalbe Farma di Cikarang dan PT Astel (Aneka Spring Telekomindo).

Daftar Menu D' Belanga

- Nasi D' Belanga - Rp 10.000,-
- Nasi Guling Bakar - Rp 7.500,-
- Ayam Kampung Goreng/Bakar Kalasan Kremes - Rp 10.000,-
- Bebek Pedas - Rp 17.500,-
- Sayur Asem - 5.000,-
- Nasi - Rp 3.500,-
- Nasi Racik - Rp 4.500,-

Paket A - Rp 17.500,-
(Nasi Racik, Ayam kalasan, Sayur Asem, Lalapan, Sambal kalasan, Es Teh)

Paket B - Rp 20.000,-
(Nasi D'Belanga, Ayam Kalasan, Lalapan, Sambal Kalasan, Es Teh)

- Aneka minuman botol
- Aneka jus buah
- Teh manis dan Teh tawar panas dan dingin

Menu Paket Nasi Box

sidik rizal - www.bukankelanakuliner.com
Anonymous

Post a Comment

Previous Post Next Post