Cara memilih dan mencoblos yang benar Surat Suara Pemilu 2014


Agus Winanto - Caleg No.Urut 2 PPP DPRD Kota Bekasi Dapil 3

Monday, April 26, 2010

basil & co - the PIZZA and PASTA Corner at Taman Kuliner Kalimalang

CARA ASYIK ASLI NIKMATI PIZZA TRADISIONAL ITALI

Kalimalang Durensawit - kelanakuliner.co.cc
SELAMA ini yang kita kenal dengan pizza adalah makanan asli dari Itali. Tapi apa pernah kita sadari bahwa restoran pizza yang sering kita jumpai di Indonesia itu bukanlah asli dari Itali, justru dari negeri Paman Sam. Dimana orisinalnya? Sebenarnya yang biasa kita temui di resto cepat saji dan terwaralaba itu adalah resto pizza ala Amerika.


Lalu yang seperti apa sih makanan asli khas Itali? Kalau mau tahu gimana rasanya Italian home made pizza (terjemahan bebasnya kira-kira= pizza rumahan asli kampung Itali), kayaknya kita harus berkunjung ke tempat yang memang benar-benar menyajikan menu asli ala buatan kampungnya negeri pemenang 4 x piala dunia, Itali. Dimana tuh? Terus enak nggak dan pantas gak direkomendasi buat temen-temen lain?

Kelanakuliner mencoba mengunjungi satu kedai pizza yang mengkhususkan sajian asli khas Itali. Nama tempat asyik buat nongkrong itu adalah Basil & Co, sebuah pizza corner di pujasera Taman Kuliner Kalimalang. Kayaknya nggak ada yang seperti ini di sepanjang jalan Kalimalang kecuali sebuah resto pizza lainnya yang khas ala Amerika Serikat. Tapi jelas beda dan bukan bandingan yang tepat. Karena yang satunya masakan Itali ala Amerika, sedangkan Basil & Co adalah kedai pizza orisinal resep Itali.

Kalau mau tahu apa bedanya pizza de originale dengan pizza ala Amerika, ya lihat adonannya saja. Adonan pizza (biasa disebut dough) khas Itali biasanya lebih tipis dan agak crispy, sedangkan pizza ala Amerika lebih mengembang dan lebih tebal. Untuk topping atau isi di atas doughnya relatif sama. Dan untuk pizza yang bisa kita nikmati di Basil & Co justru sangat identik dengan pizza rumahan ala Itali. Tipis dan agak crispy. Well.... pantaslah kalau pizza buatan anak muda Indonesia ini direkomendasi sebagai makanan khas Itali yang harus dinikmati kaum muda kita.

Lebih jauh lagi kelanakuliner menemui sang pemilik warung pizza Basil & Co, yakni Baskoro, mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi UI. Dengan dibantu oleh saudar sepupunya, Dimas Pratama Putra, seorang alumni akademi perhotelan NHI Bandung. Dari tangan dinginnya lah lahir menu asli Pizza dan Pasta negeri para mafioso ala kedai Basil & Co. Biarpun begitu, Dimas juga memberikan sentuhan tersendiri untuk beberapa menu original Italinya seperti Pizza Soure Creme yang terbuat dari yoghurt plus mayonaise sebagai saus khusus pizzanya.

Gimana kebayang gak rasa masam dicampur dengan rasa gurih renyah pastry pizza yang lezat. Lebih asyik lagi loe-loe orang bisa milih sendiri topping sesuai selera. So buat para vegetarian maupun penggemar daging bisa nikmatin pizza sesuai lidahnya. Hmmmm, kebayang banget deh nikmatnya. Apalagi pas setelah ngobrol ngalor ngidul sama sang pemilik Basil & Co, akhirnya keluar juga food tester pizza (istilah gue buat makanan gratisan tapi nggak kentara malu-maluinnya... hehehehe!). Pasti lo penasaran kan? Dari pizza bersaus rasa asam yoghurt dan mayonaise, gue bisa sedikit ngebayangin gimana bedanya pizza ala Itali yang so country banget! Kayaknya Basil & Co tahu banget ngemanjain lidah lokal gue... gue rekomendasi banget pizza ala Basil & Co ini buat loe pada.... Sekalian juga cobain minuman khas resto mini pizza di tangan orang muda Indonesia ini, yakni Lemon Grass Tea, atau es teh dicampur batang sereh (serai) ini, memang mempunyai taste yang sangat segar dan bener-bener BEDA! Mau dicampur gula biar manis maupun enggak, tetap aja segarnya begitu khas. Gue jamin loe bisa ketagihan sama minuman lokal yang bergaya selera bule ini (kalo nggak percaya tanya aja sama toko sebelah! Katanya seh mereka juga mau niru-niru minuman unik kayak gini).

Ada juga minuman asli dari negeri jiran, Malaysia, yakni Teh Tareek. Tapi sayang kita nggak bisa lihat demonstrasi atraktif proses pembuatan teh tarik ini. Tahu kan gimana caranya? Biasanya pedagang teh di Malaysia, memberikan atraksi berupa mencampur teh dan susu yang dituang dari satu gelas ke gelas lainnya seolah sedang ditarik-tarik. Dan dari situlah istilah Teh Tareek diciptakan. Biar begitu, rasa Teh Tareek yang ada di Basil & Co, lumayan gak jauh beda sama aslinya yang dari Malaysia. Yah sebelas duabelas lah!

Saking asyiknya sama makanan dan minuman yang ada di Basil & Co, gue sampe minta dibungkusin pulang... hehehehe! (Sebenarnya porsinya lumayan gede seh! Diameter pizzanya 27 cm untuk porsi dua orang aja lumayan kenyang tuh). Eh karena terburu-buru, gue kelupaan bawa tuh bungkusan pizza asem...! Waktu gue balik lagi, pizza jatah gue udah tinggal satu slice (satu potong terakhir), yah lumayan.. Tanpa malu-malu gue sikat habis tuh potongan pizza yang rupanya udah diangetin lagi sama sang koki, Dimas. Abis enak banget seh! (Suwer! Masa bodo gue dibilang rakus atau laper... itu pizza emang enak sampe potongan terakhirnya... Just lickin' off my finger! Yummy...!) Terus gue cabut dari Taman Kuliner! Hmmm, pengalaman kuliner yang lucu dan nggak bisa gue lupain!

Mau coba reservasi? Buat bikin acara ulang tahun, mumpung Basil & Co lagi masa promosi hingga akhir bulan April (yang ini beneran) dan seminggu awal Mei 2010 (yang ini mudah-mudahan bohong) ada paket promosi, seperti BELI DUA GRATIS SATU. Diskon khusus buat pembelian di atas Rp 60.000,- dan diskon khusus buat PELAJAR dengan menunjukkan Kartu Pelajar (Wah pas banget, gue masih nyimpen kartu pelajar SMP dan SMA gue tahun 80-an. Masih laku kale yah?) Tapi yang paling penting adalah... Kalo loe nggak nyobain yang asli menu buatan ala Itali DI SINI.... berarti loe belom nyobain pizza Itali SAMA SEKALI!

Reservasi hubungi saja Baskoro di nomor (021) 9346.1965 atau 081385.386.583

Sidik Rizal - dobeldobel.co.cc

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers

Hotline: 081.385.386.583 - (021) 9346.1965 / WEB.RIZAL