Cara memilih dan mencoblos yang benar Surat Suara Pemilu 2014


Agus Winanto - Caleg No.Urut 2 PPP DPRD Kota Bekasi Dapil 3

Thursday, July 30, 2009

BEBEK BENGIS PEKAYON, Khas Surabaya

Katanya Bebek Goreng Snrabaya Terenak di Bekasi
OLAH MASAKAN sang KOKI PENGGEMAR BEBEK YANG HOBIKONOMI



Bekasi, kelanakuliner.com
Hanya dua kali saya ke tempat ini. Pertama untuk memberikan kartu nama saya dan buat janji dengan karyawannya, dan kali kedua langsung bertemu dengan sang pemilik, Pulung Prahasto, sang arsitek yang terjun ke dunia kuliner karena hobinya masak dari kecil. Dalam dua kali berkunjung, saya sudah ditawari masakan istimewanya, Bebek Goreng Bumbu Sambel Bengisnya yang luar biasa pedas dan heboh.

Menurut cerita sang arsitek yang masih bekerja sebagai Project Manager di Menara MTH ini, usaha Bebek Bengisnya ini bermula dari kesukaannya jajan Bebek Goreng di daerah asalnya Surabaya selama kuliah dulu. Saking hobinya, dia sampai jadi fanatik dengan makanan satu ini.

Bahkan mungkin tiap hari dia pasti berkunjung hingga sampai hapal dengan rasa dan berusaha mencari tahu rahasia bumbunya. Dan pada masanya dulu, di Bali terkenal pula masakan Bebek Bengil khas dari Bali, hanya dalam ukuran rasa lidahnya, Bebek Bengil khas Bali itu masih terlalu alot dan kenyal, sehingga dia berusaha mencari cara agar bagaimana bebek yang dimasaknya nanti buat Bebek Bengis harus jauh lebih empuk dan lunak.

Keramahan khas Jawa Timuran pun bisa kita dapatkan, sebagi contoh, Anda akan disajikan minuman Es Teh Manis khas dengan porsi gelas jumbo. Ini yang pastinya bikin pengunjung mau datang lagi, karena dengan harga pada umumnya minuman dingin, tapi bisa mendapatkan lebih banyak. Bebek Goreng, sebagai sajian utamanya pun dalam beragam pilihan, jadi tidak seperti warung masakan bebek di lain tempat yang tak ada pilihan dan bersifat minimalis, ungkap Pulung membandingkan dengan sajian bebek goreng di lain tempat yang tak jauh dari warungnya.

Bebek goreng yang dimaksudnya menyajikan bebek pedas dengan sajian langsung tanpa pilihan, dan lagi buat penggemar yang tak suka pedas pasti tak akan bisa memilih sambelnya untuk dipisah, karena sajian sudah dimasak tercampur dengan bebek panggang atau gorengnya. Oleh karena itu Pulung menyajikan bebek gorengnya yang renyah dan empuk itu bersanding dengan bumbu-bumbu sambel pilihan terpisah. Untuk ana-ank ada sambel TB yang tidak pedas kecuali rasa merica. Pulung menyebutnya Sambel Telek Bebek, namun karena kuatir menghilangkan selera orang-orang yang "peka" dengan namanya sebut saja sambal TB yang boleh diterjemahkan "Sambel Tidak Bengis". Kemudian sambel cabe merah yang pedasnya lumayan dan rasanya agak manis. Dan yang paling pedas (Pedese ngepuol) adalah sambel cabe rawit atau Sambel Bengis.

Menurut pendapat anaknya yang masih kecil, sambel bengisnya membuat sang anak jadi ketagihan mau tambah nasi bila sambelnya belum habis. Ini tentunya jadi indikasi bahwa masakan bebek goreng dengan sambel bengisnya bisa diterima siapa saja, sekalipun ada yang bilang pedas tapi pilihan tergantung para pelanggannya sesuai selera mereka.

Mau coba Bebek Goreng terenak seperti pengakuan seorang pelanggannya, yang karyawan baru (dia menyebut dirinya newbies), jebolan kampus di Bandung yang mengomentari bahwa Bebek Goreng Sambel Bengisnya mas Pulung memang lain daripada yang lain, enak dan renyah serta empuknya belum ada yang bisa menandingi. Mungkin inilah yang membuat pelanggannya pasti datang kembali lagi dan lagi, ujar sang tamu sambil tersenyum setelah membayar harganya di kasir dan tampak puas di raut wajah gadis berjilbab ini.

Menurut lelaki kelahiran Surabaya asli ini, Bebek Bengis adalah Bebek Goreng Khas Surabaya, makanan Indonesia asli, yang diramu dengan menggunakan Bumbu-bumbu berkwalitas dan pilihan serta racikan Resep Rahasia yang khusus dibuat untuk memanjakan lidah para penikmat kuliner makanan Indonesia khususnya Bebek Goreng.

Lelaki berkacamata inipun menambahkan bahwa Bumbu Bebek Goreng ini terdiri dari 18 macam Rempah-rempah asli Indonesia dimana kombinasi bumbu rempah ini ditakar secara akurat sehingga mampu memberikan sensasi kwalitas rasa khas yang sangat istimewa dan konsisten yang tidak dijumpai pada bebek goreng-bebek goreng lainnya.

Kesulitan mengolah bebek
Lelaki penggemar masakan bebek ini mengakui bahwa mengolah Bebek membutuhkan suatu penanganan yang tidak mudah, karena ciri khas dari bebek itu sendiri memiliki kecenderungan alot (keras) dan berbau khas.

Berdasarkan pengamatan kelanakuliner.com Bebek Bengis telah mampu mengatasi semua permasalahan ataupun kelemahan-kelemahan dari pengolahan bebek tersebut menjadi suatu hal yang bisa dijadikan nilai lebih dari makanan Bebek Goreng, dimana masakan bebek goreng yang disajikan oleh Bebek Bengis adalah bebek goreng yang super empuk dan bebas dari semua bau yang “mengganggu” kenikmatan menyantap kelezatan Bebek Goreng.

"Resep Bebek Goreng yang kami buat ini telah mampu menghilangkan semua kelemahan-kelemahan dari bebek", tambah Pulung dengan serius, dan malah menjadikan makanan ini memiliki sensasi kelezatan dan kenikmatan bebek goreng yang belum pernah anda rasakan bahkan di Surabaya sekalipun.

Dan saya pun berani berkomentar, Anda belum pernah ke Surabaya kalau belum kana Bebek Bengis yang ada di Pekayon ini (Haah?.... Hehehehehe bercanda deng!... Habis bener-bener enak seh bebek goreng yang ada di RM ini, pokoknya orang ngomong apapun yang baik tentang bebek goreng ini pasti akan percaya begitu mencicipinya....Gubrak!).

Penilaian saya untuk bebek goreng di RM Bebek Bengis adalah 4 bintang dari skal 5 bintang. Walau tempatnya yang masih sempit dengan ukuran kurang dari 20m persegi ini tapi masih bisa membuat para pengunjunbgnya nyaman. Seandainya benar niatnya membuka cabang baik dengan sistem jual putus atau waralaba, mungkin Kita bisa menikmati Bebek Goreng Sambel Bengis ini dengan tempat yang lebih luas dan nyaman. Biar begitu tetap bebek gorengnya Alamak Nyoss!

Mau coba? Silakn datang saja ke Jl. Raya Pekayon Jaya, Bekasi bila anda dari Pertigaan Pekayon Pompa Bensin Petronas, maka sebelum Naga Swalayan. Dan bila dari Pondok Gede tentulah ada di sebelah kanan setelah Naga Swalayan. Memang di wilayah ini banyak sekali masakan goreng ayam dan Bebek. Jangan sampai salah dengan lain tempat, karena bagi kelanakuliner.com, "Rasa Menentukan Segalanya", kalau Anda memang benar mau mencoba Bebek Bengis.

Sidik Rizal - dobeldobel.co.cc

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers

Hotline: 081.385.386.583 - (021) 9346.1965 / WEB.RIZAL